Kamis, 15 April 2010

Profil Perusahaan Vegeta

Profil Perusahaan

PESAN DARI PRESIDEN DIREKTUR

Grup Enesis telah berkecimpung dalam bisnis produk perawatan rumah tangga, perawatan diri dan makanan fungsional sejak tahun 1988. Perusahaan yang didirikan dengan modal dan sumber daya yang terbatas ini kemudian memulai kiprahnya dan mulai berkembang sejak saat itu. Waktu pun berlalu dan sekarang kami merupakan organisasi yang sukses dan agresif dengan potensi untuk semakin bertumbuh.

Tanpa pendongkrakan pada neraca perdagangan, dengan adanya lima merek terkemuka di pasaran nasional dan lebih dari 1000 pegawai yang berdedikasi, perusahaan semakin percaya diri memandang masa depannya. Didukung oleh kekuatannya dalam pengembangan dan penelitian produk hingga penelitian pemasaran, promosi dan periklanan kreatif, peragenan yang setia, sumber daya manusia yang terampil dan struktur keuangan yang mantap, grup ini yakin akan kemajuannya diantara kesempatan-kesempatan yang ada.

Saya berharap profil di bawah ini dapat menambah pengetahuan anda mengenai keberhasilan-keberhasilan kami di masa lalu, usaha keras yang kami lakukan saat ini dan potensi-potensi di masa mendatang. Mengacu ke depan, Grup Enesis melihat kesempatan-kesempatan dan masa depan melampaui batasan nasional dan meluas ke Asia Pasifik, Asia Barat, Afrika, Australia, New Zealand dan USA. Pasar yang baru dengan potensi dan tantangan yang berbeda, membuat grup ini yakin bahwa usaha kerasnya akan terus berbuah.

GRUP ENESIS

Grup Enesis didirikan di Jakarta, Indonesia, tahun 1988 sebagai perseteroan terbatas yang berpusat di Kawasan Industri Pulo Gadung, Jakarta Timur. Perusahaan ini memulai jalan produksinya dengan menghasilkan Sari Puspa / SOFFELL, losion anti-nyamuk setelah melalui pemasaran dan penelitian produk yang mendalam. Sebagai produk inovatif dalam kelompoknya, SOFFELL segera terbukti sukses dalam pasar anti-nyamuk yang sangat kompetitif, bersaing dengan perusahaan-perusahaan multinasional seperti Bayer, Johnson & Son, Unilever dan perusahaan lokal raksasa lainnya. Menguasai 95% dari saham pasar, SOFFELL berhasil mengembangkan hasil produksi yang kritis dan menjadi produsen anti-nyamuk terbesar di luar Amerika Serikat.

Kesuksesan Soffell membawa perusahaan untuk mengembangkan usahanya ke sektor minuman sehat pada tahun 1996 dengan dikeluarkannya produk Adem Sari / SENSACOOL. Sebagai minuman bubuk suplemen herbal, SENSACOOL memperbaiki sistem pencernaan tubuh, menyembuhkan sembelit, sakit tenggorokan dan kanker. Didukung dengan pengiklanan dan promosi yang intensif di iklan-iklan televisi, SENSACOOL menguasai pasar dan menjadi merek terkemuka, serta masih bertahan meskipun kompetisinya sangat ketat.

Produk lain yang juga merupakan keberhasilan bagi Grup Enesis adalah VEGETA, minuman bubuk berserat alami, yang dikeluarkan pada tahun 2000. Dengan berkembangnya pemahaman pasar mengenai pentingnya pengkonsumsian serat alami bagi kesehatan pencernaan dalam gaya hidup modern, VEGETA menarik segala tingkatan pasar. Secara jenius, dengan berfokus pada kenyaman dalam melengkapi makanan modern dengan kebutuhan serat dalam menu makan sehari-hari, tuntutan pasar yang mendesak terhadap VEGETA membuktikan keberhasilan yang mengesankan bagi perusahaan. Produk-produk lain yang ditemukan belakangan juga mencapai kesuksesan dan pertumbuhan melalui usaha pemasaran yang giat dilakukan.
Gudang

Kini, Grup Enesis memiliki dua pabrik produksi yang menghasilkan 5 merek terkemuka berupa produk perawatan rumah tangga, perawatan diri, dan makanan fungsional. Memiliki lebih dari 1.000 pegawai dan kondisi finansial yang mantap, perusahaan yang sekarang dibagi menjadi unit makan dan non-makanan ini, terus berusaha mempertahankan keberadaannya sebagai salah satu perusahaan farmasi bergengsi dan sehat, di Indonesia. Untuk masa mendatang, perusahaan bertekad untuk melampaui batasan pasar nasional untuk mengembangkan merek regional dan internasional.

Suatu ketika, dua orang tukang daging yang memiliki toko bersebelahan di suatu pasar tradisional yang ramai. Keduanya terkenal dan memiliki jumlah pelanggan yang sama. Namun, tukang daging pertama selalu mengasah pisaunya setiap hari dan tukang daging kedua tidak pernah mengasah pisaunya. Ketika ditanya, tukang daging pertama menjawab, “Saya mengasah pisau saya setiap hari agar pisau itu tajam saat saya memotong tulang.” Tukang daging kedua mengatakan, “Saya tidak perlu mengasah pisau saya karena saat saya memotong daging, saya menebas di antara tulang.”

Seperti halnya tukang daging kedua, Grup Enesis sangat percaya dengan ‘menyerang’ target pasar yang tepat secara cepat. Perusahaan mempertahankan budaya efisiensi yang optimal dalam semua proses bisnisnya untuk menghasilkan produk yang maksimal pula.

Mulai dari penelitian dan pengembangan produk, penelitian pemasaran, periklanan dan promosi hingga mengatur jaringan distribusi seiring dengan alokasi dan pengembangan sumber daya yang dibutuhkan, perusahaan selalu mencapai keseimbangan sekalipun agresif dalam membuat strategi untuk mengakomodasi target pasar dan mencapai hasil yang optimal.

Penelitian pasar
Laboratorium

Perusahaan mengerti bahwa pemasaran merupakan komunikasi dua arah. Perusahaan memiliki departemen penelitian pasar dan secara berkala mengadakan penelitian independen untuk meyakinkan terjadinya komunikasi antara perusahaan dan konsumen. Baik penelitian kualitatif dan kuantitatif secara konstan dilakukan untuk mengarahkan pembuatan keputusan yang strategis. Penelitian umum meliputi segmentasi pasar, desain produk, penempatan produk, merek, kemasan, tema iklan dan pelaksanaannya, distribusi, harga hingga promosi penjualan. Data mengenai saham pasar, perkembangan dan kebutuhan pasar dimonitor secara periodik untuk mengukur produktivitas setiap merek, selain untuk melihat kemungkinan dan potensi-potensi baru.

Penelitian dan Pengembangan Produk

Diperlengkapi dengan fasilitas berteknologi canggih, tim R&D perusahaan mengkhususkan diri pada produk konsumen inovatif untuk kehidupan sehari-hari. Staff penelitian yang berpengalaman, didukung dengan sumber data yang ekstensif, informasi terbaru dan perangkat lunak pembuat model yang berkelas, bekerja sama dalam tim baik di laboratorium maupun di lapangan, untuk menyakinkan bahwa jalur R&D efektif dan efisien dalam garis pedoman yang telah ditentukan.

Jaringan Distribusi

Melihat keluasaan pasar dan keterbatasan yang ditimbulkan karena masalah geografis, perusahan bekerja sama dengan para penyalurnya dengan cara membina kemitraan jangka panjang. Tujuan distribusi strategis adalah secara kontinu menguji dan berkembang bersama bertambahnya permintaan bagi setiap pasar melalui perluasan perwakilan yang sudah ada atau membuat perwakilan baru. Hubungan yang baik dibangun berdasarkan kepercayaan, dukungan dan mekanisme kontrol inventori efektif yang merupakan faktor kesuksesan dalam penyampaian produk dari gudang regional ke rak-rak penjual grosiran, hypermarket, pasar swalayan, toko pangan dan pedagang jalanan.

Periklanan dan Promosi
Ruang Proses Filling

Mengkombinasikan antara pendekatan di atas dan di bawah jalur produksi, perusahaan membentuk program yang secara khusus disesuaikan dengan masing-masing pasar dari setiap merek produksi. Untuk memperkenalkan produknya secara maksimal dan mendapatkan citra media yang baik, perusahaan mengeluarkan biaya yang tidak tanggung-tanggung untuk pembuatan iklan-iklan televisi. Sebagai konsekuensinya, pengiklanan di atas jalur produksi lebih besar perbandingannya. Tingginya frekuensi kemunculan produk pada program televisi setiap hari digunakan untuk membangun kesadaran dan ingatan akan produk yang diperdagangkan. Meski konsep ini terbukti efektif, perusahaan juga menggunakan alternatif lain seperti radio dan iklan cetak untuk melengkapi kampanye promosi pada pasar-pasar tertentu. Bila dapat, orang-orang terkenal dapat diekspos dalam menyampaikan pesan-pesan iklan untuk mendapatkan afeksi individu dan menambah citra produk. Di bawah jalur, penggunaan Point-of-Purchase (POP) bersama dengan bahan cetakan dan kemasan yang menarik perhatian digunakan untuk mendukung promosi penjualan di rak-rak toko pengecer.

Pabrik
Ruang Proses

Kawasan Industri Cikarang mulai beroperasi pada tahun 2002, pabrik merupakan pusat produksi perusahaan untuk produk makanan kesehatan. Dengan lisensi Good Manufacturing Practices dan dalam proses auditing untuk sertifkat ISO 9000 dan 14000, pabrik dengan area produksi seluas 30.000 m2 tersebut adalah fasilitas terbesar untuk penghasil produk yang berasal dari bubuk, di Indonesia. Didesain dengan mesin-mesin berseni dan sistem komputer otomatis, pabrik berusaha untuk menghasilkan standar maksimum untuk setiap produk yang dibuat. Sebagai tambahan, lokasinya juga mencakup fasilitas pabrik farmasi perusahaan di masa depan,yang sekarang sedang dalam perencanaan.

Di kawasan Industri Pulo Gadung, perusahaan memiliki area seluas 10.999 m2 yang terdiri dari pabrik produksi, kantor pemasaran dan fasilitas gudang, yang merupakan pusat fasilitas produksi non-makan. Dengan lebih dari 7.000 m2 area produksi bertingkat dua, fasilitas ini meliputi laboratorium penelitian dan pengembangan yang cukup besar dan menggunakan mesin-mesin otomatis dengan sistem komputerisasi untuk sebagian besar tugas produksi. Pabrik beroperasi selama 24 jam dan mempekerjai 1.000 orang pegawai.Tidak lama lagi, perusahaan menantikan untuk pemindahan kantor pemasaran ke gedung baru seluas 6.000 m2 di kawasan yang sama.

Sumber Daya Manusia

Berangkat dari keyakinan bahwa sumber daya manusia merupakan aset yang penting, perusahaan memandang penyeleksian pegawai, pelatihan dan pengembangan serta program sumber daya manusia sebagai aspek terpenting dari eksistensi perusahaan. Prosedur penyaringan aplikasi dilakukan dengan hati-hati, khususnya dalam hal pengalaman, pendidikan dan standar operasional dalam penyeleksian pegawai, yang berkaitan dengan usaha mempertahankan tingkat staf yang diterima di perusahaan. Pelatihan dan program pengembangan secara kontinu diadakan bagi staf manajemen tingkat menengah dan senior, untuk memastikan jenjang karir yang terus berkembang bagi setiap karyawan. Jelas bahwa struktur manajemen yang menguntungkan dan transparan diadopsi untuk memastikan bahwa organisasi ini profesional dan bebas dari perselisihan kepentingan.
Ruang Proses Filling

Pemberian gaji secara kompetitif dan menjanjikan dikaitkan dengan performa perusahaan untuk memastikan adanya keseimbangan antara menghasilkan staf terbaik dalam industri dan mempertahankan performa staf yang telah ada seiring dengan berkembangnya perusahaan. Sejalan dengan meluasnya penjualan, perusahaan juga mengacu untuk mendirikan kantor-kantor di luar negeri dengan tim manajemen dan sumber daya lokal terbaik.

Komitmen Sosial

Bekerja sama dengan berbagai komunitas lokal pada setiap pangsa pasar, perusahaan menghargai hubungan masyarakat yang baik dan memahami tanggung jawabnya dalam mempertahankan keharmonisan lingkungan. Sebagai contoh, secara periodik perusahaan mensponsori dan mengadakan kelas-kelas seminar dengan topik kesehatan masyarakat dan lingkungan. Kelompok sosial dengan aktivitas-aktivitasnya sering diorganisir di antara kelompok masyarakat yang lebih kecil dengan topik seperti bekerja sama untuk menghindari epidemi penyakit pes atau demam berdarah. Untuk investasi masa depan, perusahaan berusaha meminimumkan polusi alam dengan membuat pabrik perawatan kotoran di lokasinya dan menggunakan bahan yang dapat didaur ulang untuk kemasannya.

Kunjungi Website kami di www.enesis.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar